Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kebijakan Privasi Baru WhatsApp, Kenali 7 Poin Pentingnya!

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang memiliki banyak sekali user atau pengguna nya. WhatsApp sendiri juga merupakan salah satu aplikasi yang satu platform dengan Facebook. Kabar terbaru mengenai aplikasi Chatting ini, menjadi perbincangan hangat para warganet. Dikabarkan bahwa WhatsApp sebentar lagi akan memperbarui kebijakan privasi nya.

Kebijakan Privasi WhatsApp Terbaru

Dijelaskan pada notif pemberitahuan pada aplikasi Whatsapp bahwa mereka akan melakukan update kebijakan privasi nya. Kebijakan ini akan membuat aplikasi Chatting populer satu ini berbagi data dengan Facebook.  Hal tersebut tentu saja akan membawa dampak yang cukup signifikan pada penggunanya, terutama pengguna yang takut akan tejadinya kehilangan data chatting milik mereka.



Kebijakan privasi ini dikabarkan akan berlaku setelah 8 Februari 2021 mendatang. Bagi kalian yang masih bingung tentang apa saja kebijakan privasi baru dari WhatsApp, Bisa simak ulasan nya di bawah ini!

1. Beberapa Perubahan di Kebijakan Privasi

Perlu kalian ketahui bahwa ada tiga point penting yang nantinya akan dibawa oleh sang developer pada update kebijakan privasi WA, diantaranya adalah bagaimana bisnis pada Whatsapp bisa mengunakan layanan Hosting milik Facebook untuk menyimpan berbagai macam data dan mengelola chat yang berlangsung di WhatsApp.

Namun Perlu kalian ketahui bahwa semua chat masih dilindungi enkripsi yang cukup tangguh yaitu end-to-end enkripsi sehingga untuk kerahasiaan chat kalian masih terjaga dengan baik. 

2. Jenis-Jenis Data yang Dikumpulkan WhatsApp

Pada update terbaru nya nanti WhatsApp akan mengambil atau mengumpulkan beberapa data tentang perangkat yang kalian guankan. Jenis-jenis data yang dikumpulkan diantaranya adalah :
  • Kekuatan Sinyal Perangkat
  • Versi Aplikasi Terbaru
  • Jaringan Mobile Perangkat
  • Informasi Koneksi ISP yang Digunakan
  • Alamat IP
  • Sistem Perangkat yang Digunakan
Pastikan kalian memahami betul tentang jenis data yang nantinya bisa diakses oleh WhatsApp setelah kebijakan privasi baru nya berlaku.

3. Tidak Berlakunya Iklan Pada WhatsApp 

Saat ini WhatsApp tidak memasukan iklan pada aplikasi nya, namun walaupun begitu kebijakan ini bisa berubah sewaktu-waktu. Bisa saja suatu saat nanti akan ada iklan yang tampil dalam aplikasi. Hal ini harus kalian terima karena merupakan kebijakan privasi terbaru nya.

4. Data yang Dibagikan WhatsApp kepada Facebook

Sebelumnya perlu kalian ketahui bahwa kebijakan seperti ini sudah berlaku sejak tahun 2016. Kebijakan berbagi data ini ada sedikit perubahan nantinya karena ada beberapa jenis data yang bisa diakses oleh Facebook. Untuk jenis-jenis data yang dibagikan bisa simak di bawah ini.
  • Nomer WhatsApp
  • Informasi Terkait Layanan
  • Data Transaksi
  • Record Tentang Kalian Berinteraksi dengan Siapa Saja
  • Alamat IP 
  • Informasi Tentang Perangkat yang Digunakan
Hal ini bisa kalian cek secara manual pada laman kebijakan privasi yang bernama "Information We Collect".

5. Data Masih Tetap Utuh Walau Akun WhatsApp Dihapus

Kebijakan privasi baru dari WhatsApp yang cukup memberatkan banyak pengguna nya adalah tentang data yang tersimpan masih tetap utuh walaupun akun WhatsApp kalian dihapus. Tentu saja kalian harus menghapus secara manual data yang tersimpan sampai bersih jika ingin menghapus akun WhatsApp kalian.

6. Data yang Akan Disimpan Oleh WhatsApp

Pada update kebijakan privasi baru nya dijelaskan bahwa WhatsApp akan menyimpan seluruh data yang ada pada pusat data milik Facebook yang ada di seluruh bagian dunia ini, termasuk yang ada di Amerika Serikat. Untuk data yang akan disimpan sendiri berkaitan dengan titik koordinat lokasi, alamat IP, kode dan wilayah dari ISP yang digunakan.

7. Update Privasi Akun WhatsApp Business

Update terakhir yang cukup membuat para user WhatsApp kurang setuju adalah adanya kebijakan dimana ketika mengirimkan pesan kepada akun bisnis, pesan tersebut juga bisa dilihat oleh semua orang yang terlibat pada WhatsApp Business tersebut. Adapun kemungkinan penyedia bisnis bisa memberikan datanya ke layanan pihak ketiga. Jadi kalian harus lebih berhati-hati lagi ya!

Nah itulah beberapa kebijakan privasi baru WhatsApp yang perlu kalian pahami point penting nya. Pahami dengan baik agar kalian bisa menggunakan WhatsApp dengan lebih bijak lagi ketika pembaruan Kebijakan privasi nya ini sudah berlaku, yaitu setelah tanggal 8 Februari 2021 mendatang!