Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Penyebab HP Bootloop

Kata Bootloop tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna gadget di dunia ini. Kata tersebut memiliki arti dimana gadget atau HP yang kalian gunakan berada dalam kondisi tidak bisa melakukan booting dengan baik, hanya stuck dan tidak bisa masuk ke menu HP yang seharusnya. Kira-kira apa ya hal yang menjadi penyebab HP Bootloop? apakah kalian mengetahui nya?

Mungkin sebagian besar kalian masih belum mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan HP menjadi Bootloop. Namun tenang saja karena Ayoden akan membahas nya secara tuntas untuk kalian. Diharapkan kalian mengetahui apa saja penyebab nya dan mengetahui juga bagaimana cara mengatasinya, Berikut penjelasan lengkap terkait penyebab HP Bootloop nya, silahkan disimak ya!

5 Penyebab HP Bootloop

5 Penyebab HP Bootloop

Ada beberapa penyebab yang bisa memicu terjadi nya masalah Bootloop pada HP yang kalian gunakan. Masalah ini tentu saja berkaitan langsung dengan sistem perangkat HP itu sendiri. Kira-kira penyebab apa saja ya yang dapat mengganggu sistem operasi HP kalian dan membuat HP bisa menjadi bootloop? Simak penjelasan lengkap nya di bawah ini!

1. Proses Root yang Salah

Root merupakan suatu kondisi dimana HP kalian memiliki user permission yang lebih lengkap daripada biasanya. Root membuat HP menjadi lebih fleksibel dan bisa kalian gunakan lebih leluasa lagi. Namun perlu kalian ketahui bahwa proses rooting yang salah pada HP kalian bisa menjadi penyebab HP mengalami Bootloop. Ketika hal ini terjadi satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan adalah melakukan install ulang atau Flash.

2. Install Custom ROM yang Tidak Sesuai

Custom ROM menjadi salah satu assets yang bisa membuat HP kalian tampil lebih beda dan bergaya. Custom ROM sendiri membuat system kalian berbeda dari sebelumnya. Bisa saja dengan menggunakan Custom ROM yang cocok akan membuat HP kalian menjadi lebih maksimal lagi performa nya. 

Namun perlu diperhatikan juga bahwa Install Custom ROM yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu penyebab HP kalian akan mengalami Bootloop. Cara mengatasinya adalah kalian harus menghapus nya dan langsung saja reset HP ke pengaturan Pabrik. Atau bisa diatasi dengan mudah melalui proses Flash.

3. Banyak Data System yang Rusak

Data System atau File System yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadi nya masalah HP menjadi Bootloop. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya proses rooting yang tidak sempurna, ada aplikasi system yang terhapus, dan juga bisa disebabkan oleh serangan Virus berbahaya. Kalian bisa mengatasi masalah seperti ini dengan reset system HP kalian atau juga bisa dengan cara melakukan flash.

4. Salah Mengatur Permission

Pengaturan Permission yang salah juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan HP kalian mengalami Bootloop. Permission biasanya diberikan kepada suatu file atau aplikasi. Jika kalian salah dan tidak berhati-hati bisa saja membuat masalah ini muncul. Pastikan untuk mengatur permission yang akan diberikan dengan baik dan hati-hati ya!

5. Gagal Update Sistem

Saat ada pembaruan Sistem tentu aja HP kalian akan mendownload data sistem tersebut. Setelah file terdownload sempurna Hp kalian akan Booting. Saat proses Booting tersebut akan ada peringatan dilarang untuk restart HP atau mematikan nya. Saat hal tersebut dilakukan oleh kalian sistem perangkat akan crash dan menyebabkan Bootloop. Harap perhatikan hal ini dengan baik ya agar masalah bootloop tidak akan terjadi pada HP kalian.

Nah itulah penjelasan mengenai 5 penyebab HP Bootloop yang telah Ayoden bahas. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian. Jangan lupa tetap kunjungi Ayoden untuk mendapatkan informasi menarik seputar gadget lainnya ya. Sekian dan Terimakasih!