Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Penyebab Hp Lemot yang Harus Kalian Ketahui!

Penyebab Hp Lemot

Halo Sobat Ayoden, setiap dari kalian pembaca di blog ini pasti memiliki smartphone atau HP. Namun tahukah kalian bahwa ada beberapa penyebab yang bisa membuat HP kalian lemot? Lemot berarti performa dari HP atau smartphone yang kalian gunakan turun secara drastis.

Banyak masalah yang timbul karena masalah lemot ini pada HP kalian. Salah satu yang paling parah adalah terganggunya sistem operasi sehingga seluruh proses yang dijalankan akan terhambat. Hal ini jika dibiarkan semakin lama tentu saja akan membawa kerusakan yang lebih parah lagi.

Perlu kalian ketahui bahwa melambatnya performa pada HP atau gadget yang kalian gunakan bukan semata-mata karena HP sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tetapi ada faktor lain yang juga menjadi penyebab nya. Sebagai pengguna gadget tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk kalian ketahui.

Kira-kira apa saja ya penyebab yang membuat HP kalian menjadi lambat atau lemot? Jika kalian belum mengetahuinya, yuk langsung saja simak pembahasan lengkap nya di bawah ini! Pastikan untuk memahami nya dengan benar ya agar saat menemukan masalah serupa kalian bisa mengatasi nya!

Penyebab HP Lemot

Memang jika HP yang kalian gunakan terasa sangat berat dan proses yang sedang dilakukan tidak seoptimal biasanya pasti akan membuat kalian menjadi emosi. Hal ini juga akan membuat pengalaman menggunakan HP atau gadget kalian menjadi buruk. Bahkan kalian harus berpikir apakah perlu membeli gadget baru untuk mengganti yang lama.

Namun sebelum pikiran kalian menuju ke arah situ, alangkah baik nya mengusahakan untuk memperbaiki masalah yang ada terlebih dahulu. Saat kalian sudah mengetahui apa saja penyebab nya pasti kalian bisa mencari cara atau solusi terbaik untuk mengatasi nya. Berikut ini penyebab Hp kalian menjadi lemot!

1. Penuhnya Kapasitas Penyimpanan HP

Salah satu penyebab umum yang dapat membuat gadget atau HP kalian lemot adalah karena penuhnya kapasitas penyimpanan HP. Saat memori internal kalian penuh dan HP dipaksa untuk terus menyimpan data maka akan menambah beban kepada sistem HP itu sendiri. Akibatnya proses yang bekerja menjadi terhambat sehingga membuat HP kalian menjadi lemot.

Namun ada hal lain yang perlu kalian ketahui lagi bahwa penuhnya kapasitas penyimpanan HP juga bisa membawa kerusakan lain yang lebih parah, yaitu sistem menjadi overload data dan bisa menyebabkan HP menjadi mati total akibat sistem yang terganggu.

2. Penggunaan RAM yang Berlebih

RAM adalah salah satu komponen yang juga sangat penting dalam kelancaran HP atau gadget yang kalian gunakan. Dengan adanya RAM proses pengolahan data dapat berjalan lebih cepat dan optimal. Namun perlu kalian ketahui bahwa kinerja RAM sendiri pun memiliki batasannya, sebagai contoh kalian memiliki RAM sebesar 4 GB namun proses aplikasi yang berjalan menghabiskan hampir semua RAM yang kalian miliki, hal ini tentu saja membuat HP menjadi lemot.

Sebaiknya untuk menghindari masalah seperti ini terjadi, kalian harus menghentikan atau menutup aplikasi yang tidak digunakan dan masih aktif di latar belakang kalian. Tujuannya adalah untuk menghemat RAM agar perfoma HP atau gadget kalian tetap stabil.

3. Performa Baterai yang Menurun

Salah satu penyebab HP menjadi lemot adalah karena adanya penurunan daya maksimal pada baterai. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja perangkat kalian karena baterai menjadi sumber daya utama pada HP itu sendiri. Jadi dari sini kalian dapat menarik kesimpulan bahwa menjaga kesehatan Baterai HP kalian juga sangat penting agar HP tidak lemot.

4. Suhu HP Tinggi

Tinggi nya Suhu HP atau gadget yang kalian gunakan juga menjadi salah satu penyebab gadget kalian menjadi lemot. Saat Suhu HP tinggi maka sistem otomatis akan menurunkan performa agar suhu menjadi stabil lagi. Pastikan untuk memperhatikan suhu gadget kalian ya agar performa tetap stabil dan tidak lemot. 

5. Menumpuknya Cache HP

Cache juga menjadi salah satu penyebab yang sering membuat HP kalian menjadi lemot. Cache sendiri merupakan sampah yang harus kalian bersihkan rutin. Jika tidak dibersihkan seiring berjalannya waktu akan menumpuk dan membuat perfoma HP kalian menjadi terhambat. Hasilnya Hp akan terasa berat atau lemot saat digunakan. Pastikan untuk rajin membersihkan Cache HP kalian ya!

Nah itulah beberapa penyebab HP menjadi Lemot yang telah Ayoden bahas. Semoga bahasan ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian. Jangan lupa tetap kunjungi Ayoden untuk mendapatkan informasi menarik lainnya ya!