Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Penyebab Hp Mati Total yang Harus Diketahui!

Penyebab Hp Mati Total

Matot atau Mati total adalah suatu kondisi dimana perangkat HP kalian tidak bisa dinyalakan lagi. Masalah seperti ini sering kali terjadi dan sudah banyak dijumpai para pengguna gadget di dunia ini. Banyak faktor yang menjadi penyebab HP mati total. Kalian sebagi pengguna HP yang baik tentu saja harus memahami hal tersebut.

Ketika HP yang kalian gunakan sudah mengalami masalah seperti ini pasti kebanyakan dari kalian berpikir untuk membeli HP baru. Hal tersebut memang wajar, namun alangkah baiknya dicoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Kira-kira apa saja sih faktor yang menyebabkan HP menjadi mati total? Simak penjelasan lengkap nya di bawah ini!

Penyebab HP Mati Total

Perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa penyebab yang bisa membuat HP kalian menjadi matot sehingga tidak bisa dihidupkan lagi. Faktor tersebut terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Internal berarti adanya masalah pada sistem perangkat HP kalian dan eksternal berarti ada faktor dari luar yang menyebabkan masalah seperti ini terjadi. Berikut penjelasan lengkap nya!

1. Sistem Perangkat Rusak

Faktor internal yang pertama adalah adanya kerusakan pada sistem perangkat HP yang kalian gunakan. Kerusakan sistem perangkat biasanya disebabkan oleh proses rooting yang tidak sempurna. Hal tersebut membuat data system atau file system menjadi corrupt dan crash. Ini menjadi penyebab utama dari masalah mati total dan kalian harus sangat memperhatikannya.

Disarankan jika ingin melakukan proses rooting HP kalian juga harus bisa mengatasi masalah yang timbul karenanya, yaitu memahami prosedur melakukan flashing atau install ulang. Dengan begitu masalah seperti ini bisa kalian atasi dengan mudah.

2. Baterai Rusak

Baterai Rusak masuk kedalam kategori faktor eksternal karena berasal dari bagian luar HP dan tidak masuk kedalam sistem. Bateri rusak bisa dipicu karena adanya benturan pada baterai sehingga menyebabkan fungsi nya tidak berjalan seperti biasanya atau sering dimainkan saat sedang di cas.

Ketika masalah ini muncul, kalian harus mencoba untuk menggunakan baterai lain pada HP kalian yang mati total. Jika dengan cara seperti ini bisa membuat normal kembali maka itu keberuntungan kalian. Kuncinya jangan pernah malas untuk mencoba memperbaiki.

3. Terserang Virus Berbahaya

Virus menjadi perusak HP yang paling berbahaya sampai saat ini. Virus biasanya berasal dari aplikasi yang didownload secara asal-asalan, files yang sudah terkena virus lalu diletakan pada penyimpanan HP kalian, dan masih banyak sumber lainnya. Satu-satu nya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan flash atau install ulang. Dijamin HP kalian akan kembali normal lagi.

4. Konektor Pada Baterai Rusak

Konektor merupakan komponen perangkat yang berperang sebagai penghubung daya ke HP. Ketika ada kerusakan pada konektor tentu saja daya tidak akan bisa dihantarkan sehingga membuat HP mati. Hal ini harus segera kalian atasi dengan cara mengganti konektor baterai yang rusak. Bisa dibawa ke serive center resmi dari brand HP yang kalian gunakan.

5. IC Power Mati

IC Power mati juga menjadi penyebab HP kalian mati total sehingga tidak bisa digunakan lagi. Untuk mengatasi masalah ini juga harus dibawa ke service center dan harga IC Power sendiri cukup lumayan mahal. Setelah IC Power diganti dan tidak ada kerusakan pada komponen lainnya, maka dijamin HP kalian akan nyala lagi dan bisa digunkan kembali.

Nah itulah penjelasan mengenai penyebab HP mati total yang telah Ayoden bahas. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian. Jangan lupa juga tetap kunjungi Ayoden untuk mendapatkan informasi seputar gadget menarik lainn ya! Sekian dan Terimakasih!