Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Penyebab HP Mati Sendiri Saat Digunakan!

HP menjadi salah satu barang yang hampir digunakan oleh setiap orang di zaman modern ini. Bahkan bisa dikatakan bahwa HP memiliki peran yang sangat penting dan dapat mempermudah jalannya kehidupan. Saat menggunakan HP pernahkan kalian mengalami kejadian dimana HP tiba-tiba mati sendiri?

Mungkin hal tersebut sudah umum dan banyak dialami oleh pengguna HP atau gadget. Namun tahukah kalian apa penyebab HP bisa mati sendiri? Sebagai pengguna HP yang baik tentu saja kalian harus memahami hal tersebut. Dengan tujuan agar kalian mengerti juga bagaimana cara mengatasi nya.

Perlu kalian ketahui bahwa semakin lama gadget digunakan maka semakin terasa penurunan performa nya. Hal ini dikarenakan sistem operasi nya bisa saja ketinggalan zaman dan sudah tertinggal dengan spesifikasi HP modern yang baru saja hadir. Semakin turun nya performa HP kalian maka bisa menjadi pengaruh dari HP yang sering mati sendiri saat digunakan.

Kira-kira apa saja sih penyebab HP bisa mati sendiri saat digunakan? Jika kalian belum mengetahui nya dan ingin memahami nya, tenang saja karena Ayoden akan membahas secara tuntas untuk kalian. Berikut penjelasan lengkap nya, silahkan disimak dengan baik ya!

Penyebab HP Mati Sendiri

Penyebab HP Mati Sendiri

Perlu kalian ingat bahwa HP atau gadget yang kalian gunakan akan menyala jika ada daya sebagai sumber energi utama nya. Nah hal ini mendasari faktor penyebab mengapa HP bisa mati sendiri saat digunakan. Bisa saja ada kerusakan yang terjadi, entah itu dari sistem operasi HP kalian atau dari si baterai nya sendiri. Kira-kira apa saja sih hal yang bisa menyebabkan masalah seperti itu terjadi? berikut pembahasan lengkap nya!

1. Baterai HP Rusak

Baterai HP yang rusak tentu saja menjadi salah satu pemicu terbesar mengapa masalah seperti ini bisa terjadi. Pastinya saat daya yang dihantarkan oleh baterai ke HP atau gadget kalian tidak maksimal, akan ada masalah yang terjadi. Contoh nya HP anda akan tiba-tiba mati sendiri saat digunakan. 

Bisanya kerusakan terjadi akibat umur HP yang sudah tua atau sering digunakan saat kalian sedang cas hp. Pastikan untuk lebih baik lagi ya menjaga kondisi baterai HP kalian agar masalah seperti ini tidak terjadi.

2. Error Pada Status Baterai

Baterai yang rusak bisa saja tidak disadari oleh kalian, hal ini bisa disebabkan karena adanya error pada sistem perangkat yang sedang kalian gunakan. Contohnya error pada status baterai. Contoh sederhananya Saat icon baterai menunjukan angka 50% namun tiba-tiba Hp kalian sudah ngedrop dan mati. 

Ketika dihidupkan lagi ternyata baterai kalian telah habis. Untuk mengatasi masalah seperti ini kalian bisa memperbaiki setelan sistem operasi perangkat kalian ya. Flash atau reset ke setelan pabrik sangat disarankan.

3. Komponen Perangkat Rusak

Penyebab HP Mati Sendiri

Salah satu faktor lain penyebab timbulnya masalah pada HP kalian yang sering mati sendiri saat digunakan adalah adanya komponen perangkat yang rusak. Biasanya jika ada salah satu komponen pada tempat baterai kalian mengalami kerusakan, daya yang dihantarkan akan tidak maksimal dan membuat masalah ini terjadi. Pastikan untuk cek terlebih dahulu ya apakah ada kerusakan pada komponen baterai kalian, jika ada maka sebaiknya bawa ke service center untuk memperbaikinya.

4. Sistem Perangkat Crash

Sistem perangkat yang crash juga menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah HP mati sendiri saat digunakan. Sistem bisa saja crash jika ada missing file atau data system pada perangkat kalian. Hal ini biasanya ditandai akan muncul banyak notifikasi error pada HP kalian. Jika masalah seperti ini kalian temui pastikan untuk segera memperbaiki nya ya. Install ulang atau Flash menjadi jalan terbaik untuk mengatasi masalah seperti ini.

5. Suhu Perangkat Panas

Suhu tinggi pada perangkat juga bisa membuat perangkat menurunkan performa nya. Hal ini bahkan bisa membuat perangkat mati secara tiba-tiba. Biasanya orang-orang menyebut kejadian seperti ini sebagai Overheating. Untuk menghindari masalah seperti ini terjadi pastikan kalian untuk tidak memaksa perangkat menjalankan suatu proses yang melebihi kapasitas nya ya!

6. Perangkat Terkena Virus

Virus juga bisa menjadi salah satu penyebab HP mati Sendiri dan menjadi salah satu penyebab berbahaya karena bisa merusak perangkat kalian. Virus bisa saja berasal dari aplikasi yang kalian download secara sembarangan, file yang terkena Virus, dan Melakukan Proses Rooting HP yang salah. Untuk menghindari masalah seperti ini kalian bisa menggunakan anti virus pada perangkat kalian dan selalu kontrol dengan baik ya agar tidak ada virus yang menyerang.

Memang sangat mengesalkan apabila saat menggunakan HP tiba-tiba mati sendiri. Namun hal ini juga bisa menjadi penyadar bagi kalian bahwa perangkat atau HP yang sedang digunakan pasti ada kerusakan. Dengan memahami penyebab yang telah kami ulas di atas diharapkan bisa membantu kalian untuk memahami nya dan mengerti cara untuk mengatasi masalah ini.

Nah itulah penjelasan mengenai Penyebab HP Mati Sendiri Saat Digunakan yang telah Ayoden bahas. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian. Tetap kunjungi Ayoden untuk mendapatkan informasi terupdate seputar gadget menarik lainnya ya! Sekian dan Terimakasih!