Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Viral, Peneliti Temukan Bug atau Celah Keamanan Pada Aplikasi TikTok!

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sedang Booming akhir-akhir ini. Namun tahukah kalian ternyata baru-baru ini ada kabar yang mengatakan bahwa di Aplikasi TikTok sendiri ada bug atau celah keamanan yang berbahaya jika disalahgunakan. Peneliti dari Siber Check Point mengatakan celah keamanan ini bisa digunakan untuk melihat data informasi sensitive para pengguna TikTok.

Data yang bisa dilihat melalui bug ini adalah data pribadi yang didalamnya termasuk nomor telepon, identitas pengguna dan data lainnya dari pengaturan profile. Dampak yang lebih parah lagi dari adanya bug ini adalah bisa dimanfaatkan untuk memanipulasi detail profile akun pengguna, bahkan membangun database dari pengguna TikTok untuk dimanfaatkan dalam hal kejahatan.

Viral, Peneliti Temukan Bug atau Celah kemanan Pada Aplikasi TikTok!
(Source: Pixabay)

Menurut peneliti, bug atau celah ini ditemukan pada fitur "Find Friend" yang dapat memperlihatkan beberapa data penting seperti nickname, User ID, Data Profil, dan Foto Avatar. Sejauh ini masih sangat diuntungkan, walau ada bug yang berbahaya seperti itu pihak Tiktok memberikan konfirmasi bahwa masih belum ada bukti bug tersebut digunakan untuk kejahatan atau disalahgunakan.

"Kami akan berusaha untuk terus memperkuat sistem pertahanan kami, baik dengan cara meningkatkan kemampuan dari tim internal kami atau bekerja sama dengan pihak ketiga. Dengan begitu Aplikasi kami akan semakin baik dari segi security nya dan aman digunakan oleh para pengguna," kata Juru Bicara pihak TikTok dalam sebuah pernyataan.

Karena menyadari betapa besar nya dampak dari bug atau celah keamanan tersebut, Pihak IT Security Tiktok langsung melakukan proses patching. Hal ini tentu saja merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan karena bisa membuat Aplikasi Tiktok aman kembali untuk digunakan.

Pihak TikTok sangat berterima kasih kepada pihak dari Siber Check Point karena telah membantu mereka untuk meningkatkan security dari Aplikasi TikTok semakin lebih baik lagi. Pesan penting pun diucapkan oleh pihak Siber Check point, "Kepada Para pengguna TikTok kami sarankan untuk berbagi seminimal mungkin data pribadi Anda. Dengan begitu jika ada kebocoran data Anda tidak akan dirugikan"