Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

UC Browser Ketahuan Curi Data pengguna, Apakah Aman?

UC Browser Ketahuan Curi Data pengguna
UC Browser Ketahuan Curi Data pengguna

UC Browser merupakan salah satu aplikasi Browsing yang saat ini cukup populer dan banyak digunakan oleh pengguna mobile. Browser ini termasuk aset milik UC Web yang merupakan anak perusahan dari Alibaba Group. Baru-baru ini diketahui bahwa UC Browser ketahuan mengirimkan data pengguna dan mengirimkan nya ke server milik perusahaan.

Hal ini dikemukakan oleh salah satu peniliti keamanan bernama Gabi Cirlig yang menemukan bahwa ada suatu kegiatan yang aneh saat dirinya menggunakan UC Browser. Dia mengatakan bahwa ketika digunakan pada OS Android dan IOS, UC Browser selalu mencatat semua data riwayat situs yang pengguna nya kunjungi lalu dikirimkan ke server milik UC Web.

Parahnya lagi bahwa hal ini masih terjadi ketika pengguna menggunakan mode penyamaran atau ignito yang dimana seharusnya mode tersebut dapat melindungi privasi pengguna. Pencurian data seperti ini terjadi karena biasanya perusahaan membuat database untuk riset apa saja situs yang sering dikunjungi oleh pengguna. Database inilah yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan perusahaan, seperti bekerja sama dengan Advertiser.

Selain hal itu, UC Browser juga ketahuan dapat mengumpulkan alamat IP pengguna. Setiap pengguna dari browser milik anak perusahaan Alibaba ini pun diberikan seperti nomor ID yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas mereka saat online. Sampai saat ini tidak diketahui dengan jelas apa hal yang membuat UC Web atau Alibaba menggunakan data-data yang dikumpulkannya ini.

"Hal ini dapat dengan mudah digunakan untuk mengidentifikasi pengguna dan menghubungkannya langsung dengan persona asli dari diri mereka," Kata Cirlig seperti yang dikutip dari Forbes, Rabu (2/6/2021).

Cirlig selaku Peneliti keamanan juga mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menemui aktivitas seperti ini terjadi pada Browser lain. Dia menggunakan contoh Google Chrome sebagai browser yang aman dan dapat melindungi privasi pengguna nya. Apalagi jika menggunakan mode Icgnito atau mode penyamaran.

Seperti yang kita ketahui bahwa UC Browser saat ini sudah digunakan oleh 500 Juta pengguna. Hal ini juga dapat menjadi bukti bahwa UC Browser sangat populer dan bahkan berpeluang menjadi browser sehari-hari yang digunakan oleh para pengguna nya. Tercatat, UC Browser saat ini menjadi browser terbesar nomer 4 sedunia.

Baca Juga : Tokyo Revengers Episode 10, Spoiler dan Tanggal Rilis!

Sumber : detikInet / Security, Google News