Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menabung Uang Jajan dengan Baik dan Benar!

Cara menabung uang jajan

Cara Menabung Uang Jajan - Kegiatan menyimpan uang atau menabung menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, yang paling penting suatu saat uang hasil tabungan kalian bisa bermanfaat dan digunakan bahkan pada waktu yang terdesak.

Untuk menabung diperlukan sikap disiplin yang tinggi. Hal ini dibutuhkan untuk memperlancar proses tabung-menabung kalian. Jika tidak disiplin pasti uang yang kalian simpan itu dalam jangka waktu yang sebentar akan digunakan lagi. Memang tidak mudah dilakukan, apalagi bagi seseorang yang tidak bisa hidup dengan hemat.

Sebaiknya ajarkan menabung sedari kecil agar terbiasa nantinya. Dengan menabung juga melatih seseorang untuk dapat mengatur keuangannya dengan baik serta memiliki aset yang jika suatu waktu dibutuhkan bisa segera digunakan. Kali ini kami akan mengulas tuntas tentang cara menabung uang jajan dengan baik dan benar. Nah bagi kalian yang ingin mengetahuinya, yuk langsung saja simak ulasan lengkap nya disini!

Tips Menabung Uang Jajan dengan Baik

Tips menabung uang jajan

Sebelum mengetahui cara nya, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja tips ampuh untuk dapat menabung dengan baik dan benar. Tips ini cukup sederhana, namun perlu kalian perhatikan dan lakukan dengan baik. Dijamin suatu saat hasil tabungan kalian akan banyak dan bisa membantu kalian. Oke tanpa perlu basa-basi lagi, simak tips-tips nya di bawah ini ya!

1. Menentukan Apa Tujuan Menabung Kalian

Hal utama yang perlu kalian lakukan saat akan menabung adalah menentukan apa tujuan yang ingin kalian capai. Ini bisa menjadi pondasi dasar atau motivasi yang baik untuk kalian agar tidak menghambur-hamburkan uang dan lebih memutuskan untuk menyimpannya.

Tujuan yang baik tentu juga akan mendapatkan hasil yang baik juga. Misal kalian ingin membeli suatu barang, contohnya Handphone. Maka hal tersebut bisa menjadi tujuan utama kalan dalam menabung. Dengan adanya tujuan tersebut akan membuat proses menabung menjadi lebih lancar dan tidak ada hambatan,  Oleh Karena itu pastikan untuk menentukan tujuan terbaik ketika ingin memulai menabung ya!

2. Menyisihkan Sisa Uang Jajan

Untuk mendapatkan dana yang bisa kalian tabung, salah satu alternative terbaik adalah dengan menyisihkan uang jajan kalian. Bagi para pelajar atau para pekerja tentu akan memiliki uang yang dikhususkan untuk jajan atau makan. Nah kalian bisa memanfaatkan hal ini dengan catatan bisa mengelola uang yang dimiliki dengan baik.

Walau sedikit tapi dari waktu ke waktu akan menjadi hasil yang cukup banyak. Uang jajan yang kalian sisihkan tersebut langsung saja ditabungkan, bisa diletakan pada celengan atau tempat menyimpan uang lainnnya sesuai dengan keinginan kalian.

3. Mengurangi Kegiatan yang Mengeluarkan Uang yang Sia-Sia

Maksud dari tips ketiga ini adalah kalian harus bisa mengurangi atau bahkan menghindari melakukan kegiatan dimana uang kalian bisa terpaki secara sia-sia. Contohnya adalah kegiatan nongkrong, merokok, atau bermain game baik di Rental Ps atau Warnet.

Hal ini akan menjadi sangat penting untuk membantu kalian mencapai tujuan dari kegiatan menabung uang yang dilakukan. Mungkin memang pada awalnya terasa cukup sulit, namun jika kalian coba dan terus mencoba maka lama-lama akan bisa serta terbiasa.

4. Selalu Simpan Uang Recehan yang Dimiliki

Kalian pasti akan memiliki moment dimana saat berbelanja mendapatkan kembalian uang recehan. Banyak orang tidak menyadari bahwa hal ini menjadi salah satu kunci penting untuk mendapatkan hasil tabungan yang banyak.

Uang receh yang pada awalnya kalian pandang bernilai kecil, jika ditabung secara rutin pasti suatu wakktu akan terkumpul banyak. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang, bahkan ada yang bisa membeli motor, mobil, ataupun rumah dari hasil tabungan uang receh. So, jangan sepelekan uang recehan ya!

5. Membawa Bekal Sendiri

Bagi kalian para pelajar yang ingin menabung dengan metode menyisihkan uang jajan, membawa bekal menjadi hal penting yang harus kalian lakukan. Dengan membawa bekal makanan sendiri maka kalian lebih bisa berhemat karena tidak perlu membeli makanan di sekolah.

Uang yang seharusnya kalian gunakan untuk membeli makan tersebut, bisa disisihkan untuk ditabung. Hal ini paling mudah dan simpel untuk dilakukan. Boleh kalian jajan tapi sisakan sedikit uang yang khusus untuk ditabung ya!

Cara Menabung Uang Jajan 2000 dan 5000

Cara Menabung Uang Jajan 2000

Setelah mengetahui tips di atas, kami akan memberikan sedikit trik untuk menabung uang jajan 2000 - 5000 agar mendapatkan hasil yang maksimal di akhir. Penasaran bagaimana cara nya? Yuk simak langsung ulasan lengkap nya di bawah ini!

1. Sisihkan Uang 2000 dan 5000 Perhari

Tentu langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk menabung adalah menyisihkan uang jajan sebesar 2000 dan 5000 rupiah setiap harinya. Hal ini tentu mudah untuk dilakukan bahkan oleh anak-anak sekalipun. Dengan menyisihkan 2000 dan 5000 setiap harinya, kalian akan mendapatkan hasil tabungan yang besar nantinya jika Konsisten!

2. Gunakan Tempat Menyimpan Uang yang Tepat

Menggunakan tempat menyimpan uang yang tepat bisa membantu kalian agar dapat menabung secara konsisten. Misal kalian menggunakan celengan yang dimana celengan tersebut hanya sekali pakai. Contoh celengan yang harus dipecahkan terlebih dahulu baru uang tabungan bisa kalian ambil.

Jika celengan tersebut masih belum penuh tentu akan sangat disayangkan apabila dipecahkan bukan? nah hal itulah yang akan mencegah serta melatih diri kalian agar bisa menabung secara konsisten. Silahkan dicoba, pasti berhasil!

3. Jangan Menghitung Uang yang Ditabung!

Menabung akan terasa sekali manfaatnya apabila uang yang kalian tabung atau simpan tidak dihitung. Memang kalian sudah mengetahui akan menabung 2000 rupiah setiap harinya. Kalian sudah ketahui nominal nya, tetapi untuk berapa hari kalian menabung jangan dihitung. 

Karena jika kalian hitung terus, maka proses menabung tidak akan berjalan lancar. Hal ini disebabkan pikiran kalian terfokus pada nominal. Pastikan untuk tidak menghitung-hitung uang yang ditabung ya agar hasilnya terasa lebih maksimal!

4. Menabung dengan Cara Dititipkan

Bagi kalian yang memang tidak bisa menahan diri untuk mengambil uang yang sedang ditabungkan, menabung dengan metode dititipkan bisa menjadi alternative yang baik untuk dilakukan. Misal kalian memiliki pasangan atau masih ada orang tua, mintailah mereka bantuan untuk menyimpan uang tabungan kalian.

Jika hal tersebut terlalu kuno, kalian bisa menggunakan jasa penyimpanan di Bank atau bahkan bisa juga menabung dalam bentuk saham. Hal ini juga sama-sama menguntungkan apalagi di era digital seperti saat ini. Silahkan pilih salah satu metode menabung yang cocok dengan kalian ya!

Nah itulah ulasan mengenai Cara Menabung Uang Jajan dengan baik dan benar yang telah Ayoden bahas. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber refferensi yang baik untuk kalian. Ingin mendapatkan artikel menarik tentang bisnis lainnya? Silahkan cek Kategori Bisnis di Blog ini ya! Terimakasih:)