Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Cara Mengatasi Laptop Black Screen 2022

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Black Screen atau Layar Hitam adalah masalah pada laptop yang sering dialami banyak orang. Mereka mulai mencari cara mengatasi laptop black screen saat masalah terjadi dan berharap bisa menyelesaikannya sendiri. Namun sangat kami sarankan untuk tetap membawanya ke service center.

Black Screen atau Layar Hitam merupakan suatu kondisi dimana laptop kalian tetap menyala tetapi yang muncul hanya layar hitam saja. Tidak ada menu seperti biasanya atau tampilan lainnya. Biasanya gejala seperti ini membuat kita panik. Beda kasusnya dengan Blue Screen yang masih jelas karena masih ada informasi kerusakan yang terjadi.

Berbeda dengan Black Screen yang sama sekali tidak memunculkan peringatan apapun. Tentu saja bagi kebanayakan orang awam akan sangat panik dan bingung harus berbuat apa. Namun tenang saja karena kami akan mengulas masalah tersebut secara rinci untuk kalian para pembaca. Yuk langsung simak saja!

Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Sebelum mengetahui penyelesaian atau cara mengatasinya, lebih baik kalian mengetahui dulu dasar atau penyebab terjadinya masalah black screen ini. Dengan begitu kalian akan lebih paham dan bisa memilih mana cara yang paling sesuai untuk menanganinya. 

Penyebab Masalah Laptop Black Screen

Ada beberapa penyebab atau akar masalah terjadinya layar hitam atau black screen pada laptop. Sudah kami buatkan list agar mempermudah kalian dalam memahaminya. Berikut penyebab-penyebabnya:

  • Kerusakan Pada Sistem Windows Sehingga Tidak Bisa Membaca File.
  • Terlalu Banyak Proses sehingga Sistem Windows Overload.
  • Terdapat Kerusakan pada Hardware Laptop Kalian.
  • Terserang Virus yang Merusak Sistem Laptop.
  • Kondisi Over Heating
  • Banyak File-File Local Laptop yang Corrupt.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat layar laptop kalian hitam atau blank screen. Silahkan pahami agar kalian bisa memilih mana cara yang paling ampuh untuk mengatasinya. Mari kita lanjut ke pembahasan untuk menanganinya!

1. Cek Layar Laptop Kalian

Cara pertama mengatasi laptop black screen atau layar hitam adalah dengan melakukan cek pada bagian layar Laptop kalian. Untuk melakukannya cukup sambungkan laptop kalian dengan layar monitor eksternal contohnya seperi LCD Proyektor.  Jika normal dan muncul menu seperti biasanya berarti aman. Silahkan restart saja untuk mengatasinya,

Namun jika tetap blank screen kemungkinan ada kerusakan pada bagian Display nya. Cara terbaik adalah dengan membawanya ke tempat Service Resmi untuk segera diatasi. Jika masih memiliki garansi cara ini sangat direkomendasikan dan sangat menguntungkan tentunya.

2. Coba Masuk Ke Safe Mode Laptop

Selanjutnya kalian bisa mencoba untuk menggunakan Safe Mode untuk cek apakah layar laptop kalian mengalami kerusakan blank screen. Caranya mudah silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Nyalakan Laptop Kalian
  • Sebelum Logo Windows Muncul, Tekan Tombol F8 berulang-ulang.
  • Cari Menu Safe Mode dan tekan Enter
  • Silahkan Pilih Start > All Programs > Accessories > System tools > System Restore
  • Terakhir, Silahkan Shutdown laptop dan nyalakan kembali

Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasinya karena system laptop kalian akan direstore sehingga akan kembali dalam keadaan semula. Silahkan dicoba ya!

3. Setting BIOS Ke Default Mode

Cara berikutnya bisa melakukan setting pada pengaturan BIOS Laptop kalian dan arahkan ke Default Mode. Hal ini dilakukan karena biasanya jika ada kesalahan pada BIOS maka laptop hanya stuck hingga Blank Screen saja tidak dapat masuk ke menu Windowsnya.

Cukup Masuk ke Menu BIOS, kembalikan pada Mode Default, selanjutnya hanya perlu kalian Reboot saja laptopnya. Tunggu hingga prosesnya selesai dan jika berhasil akan kembali normal serta terbebas dari masalah Blank Screen.

4. Menggunakan Fungsi Task Manager

Cara mengatasi Laptop Black Screen atau layar hitam yang mudah adalah menggunakan Task Manager. Untuk melakukannya, Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  • Nyalakan dan Buka Laptop Seperi Biasanya
  • Jika terjadi Black Screen silahkan tekan tombol kombinasi CTRL+ALT+DELETE
  • Akan Ada Opsi yang Muncu Di Layar, Pilih Task Manager
  • Klik Add New Task
  • Tulis "Explore.exe" pada kotak yang tersedia
  • Kalian Buka saja aplikasi Explorenya dan Laptop otomatis akan memulai Prosesnya.

Cara mudah ini biasanya ampuh untuk mengatasi masalah laptop black screen yang ringan tanpa adanya kerusakan hardware. Silahkan dicoba juga ya dan semoga berhasil!

5. Cek RAM Laptop

Cek RAM Laptop menjadi langkah yang bisa menolong untuk mengatasi masalah layar hitam atau black screen pada laptop. Untuk melakukannya bisa kalian ikuti langkah berikut ini:
  • Buka Penutup RAM Laptop kalian
  • Lepas RAM dari Socket dan Bersihkan Debu yang menempel
  • Hati-Hati agar tidak merusak kuningan pada RAM
  • Pasangkan Kembali RAM pada Laptop
  • Reboot Laptop

Terkadang adanya hambatan pada RAM Laptop karena debu atau apapun itu bisa membuat masalah black screen terjadi. Jadi silahkan coba bersihkan dan nyalakan ulang laptop kalian setelah itu ya. Semoga masalahnya sudah teratasi.

6. Cek Hardisk Laptop

Jika Hardisk Pada Laptop kalian rusak, jangkan masalah black screen, masalah yang lebih parah lainnya pun bisa terjadi. Laptop kalian tidak akan bisa direboot. Hal ini dikarenakan adanya kerusakan pada Sistem C di Hardisk kalian. 

Untuk melakukan pengecekan pada Hardisk Laptop kalian, tentu harus melepasnya terlebih dahulu. Coba pasang pada laptop lain untuk cek rusak atau tidaknya. Jika normal berarti memang ada kerusakan pada laptop yang blank screen dan itu ada pada hardwarenya. Cara terbaiknya adalah dengan membawanya ke tukang service.

7. Install Ulang Windows

Dengan melakukan Install Ulang Windows pada laptop kalian, tentu akan membuat system operasinya menjadi fresh. Jika ada virus atau file-file corrupt yang menyebabkan blank screen tentu akan segera teratasi. Namun bayaran nya adalah semua data penting pada laptop kalian akan hilang.

Jadi pastikan apabila kalian memiliki data penting jangan hanya simpan di satu tempat saja. Simpan juga di cloud drive atau hardisk eskternal lainnya. Bisa juga di simpan di Hp atau flashdisk sekalipun. Setelah selesai Install Ulang Windows pasti laptop kalian akan kembali seperti semula.

8. Service Laptop Kalian

Cara terakhir untuk mengatasi laptop black screen atau layar hitam adalah dengan membawanya ke Service Center Resmi. Semua kerusakan pada hardware ataupun software pada laptop kalian yang menyebabkan masalah blank screen akan diperbaiki oleh teknisi yang handal.

Tentu cara ini tidak gratis dan kalian harus menyiapkan budget nya. Semakin parah dan banyak komponen yang rusak tentu akan semakin mahal harga yang harus dibayar. Namun tenang saja karena setelah semuanya diservice Laptop akan menjadi normal dan bahkan mungkin seperti baru lagi.

Akhir Kata

Nah itulah ulasan mengenai Cara Mengatasi Laptop Black Screen dari Ayoden untuk kalian. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi refferensi yang bagus serta bisa menolong kalian yang sedang mengalami masalah black screen pada laptop. Ikuti langkah-langkah diatas dengan benar ya agar masalah bisa cepat teratasi. Sekian dan Terimakasih!