Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Mengatasi Laptop Restart Lama 2022

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

Laptop restart lama menjadi salah satu masalah umum yang sering dirasakan banyak orang. Kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya ya? Untuk sebagian orang mungkin ini masih terlalu membingungkan namun jangan khawatir karena akan kami bahas secara rinci disini.

Ada beberapa penyebab laptop restart lama yang harus kalian ketahui, seperti:

  • Adanya Kerusakan Pada Sistem Laptop
  • Kondisi Prosesor Laptop Overheat
  • Terjadi Kerusakan Pada Hardisk
  • Kerusakan Pada RAM
  • Adanya Gangguan pada BIOS Laptop.

Itu beberapa penyebab yang memungkinkan mengapa proses restart laptop menjadi sangat lama. Setelah mengetahui penyebabnya kalian juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Ayoden akan mengulas mengenai Cara mengatasi laptop restart lama untuk kalian. Harap simak dan perhatikan dengan baik pembahasannya ya. Diharapkan kalian mengerti dan mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Berikut ulasannya:

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba, ini sudah terbukti ampuh dan sudah menolong banyak orang untuk mengatasi masalah restart yang sangat lama pada sebuah laptop. Penasaran dengan bagaimana saja cara untuk mengatasinya? Silahkan simak langsung di bawah ini!

1. Mengurangi Startup Apps Laptop

Startup Apps laptop yang menumpuk akan menyebabkan proses booting terhambat. Startup Apps sendiri merupakan aplikasi sistem yang otmatis berjalan saat proses booting berlangsung. Jadi semakin banyak startup Apps yang berjalan maka proses booting akan semakin lama.

Cara mengatasinya adalah dengan mengentikan Starup Apps melalui Task Manager. Jika sudah dijamin proses booting akan cepat dan kembali normal lagi. Silahkan dicoba ya dan lihat sendiri hasilnya!

2. Matikan Fitur Fast Startup Laptop

Cara berikutnya untuk mengatasi laptop restart lama adalah dengan mematikan fitur fast startup. Kalian bisa mengaturnya pada Power Option baterai dengan cara Klik Kanan pada bagian Ikon Baterai Laptop yang digunakan. 

Hilangkan centang pada fitur "Turn on Fast Startup" untuk mematikannya. Dengan begitu akan mempercepat proses restart laptop dan rasakan sendiri perubahannya. Silahkan dicoba ya cara ini karena sangat simpel dan mudah dilakukan!

3. Cek RAM Laptop Kalian

Selanjutnya untuk mempercepat proses restart laptop kalian adalah dengan cek RAM laptop apakah ada kerusakan atau tidak. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache laptop yang menumpuk agar tidak memberatkan sistem. Cara ini juga termasuk ampuh untuk mengatasi masalah laptop restart lama.

4. Cek Hardisk Laptop Kalian

Selain RAM kalian juga perlu cek apakah ada kerusakan pada Hardisk Laptop atau tidak. Jika ada kerusakan pada Hardisk pasti laptop bermasalah. Salah satunya adalah proses restart menjadi sangat lama. Pastikan juga jangan terlalu membebani Local Disk C ya agar sistem operasi tidak berat dan semua proses bisa berjalan lancar!

5. Cek Apakah Ada Virus Atau Tidak

Pentingnya merawat laptop adalah untuk menghindari masalah yang terjadi akibat Virus. Selain bisa menghapus data penting kalian, Virus juga bisa menghambat sistem operasi laptop. Menyebabkan proses yang seharusnya lancar menjadi terhambat, salah satunya proses booting ataupun restart.

Gunakan aplikasi pembersih virus yang terinstall pada Laptop kalian untuk mengatasi masalah ini. Jika masih memungkinkan silahkan back up data terlebih dahulu dan lakukan install ulang windows. Dengan begitu laptop kembali ringan dan seperti saat baru lagi performanya.

Nah itulah ulasan mengenai Cara Mengatasi Laptop Restart Lama dari Ayoden. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber informasi yang baik untuk kalian. Gunakan cara-cara diatas untuk mengatasi masalahnya dan semoga berhasil. Terimakasih!